Selasa, 09 November 2010

SEPUTAR MONEL

Posted by AKSESORIS7 | Selasa, 09 November 2010 | Category: |

MONEL bisa disebut juga dengan baja putih. Perhiasan yang terbuat dari monel biasanya tidak akan berubah warna. Selain itu monel juga tidak berkarat, meski sering terkena air. Bahkan jika monel sering dipakai warnanya akan semakin mengkilap. Bagi yang memiliki kulit sensitif, monel bisa dijadikan sebagai alternatif aksesoris yang cantik tapi tidak membuat kulit iritasi.

Persamaan dan perbedaan dengan stainless
Persamaannya adalah keduanya sama-sama tidak akan berkarat, hanya saja stainless lebih lunak dibandingkan dengan monel. Di awal memang warna stainless lebih mengkilap dan lebih kemilau dibandingkan monel, hanya saja jika sering terkena air dan juga seiring waktu warna kemilaunya akan berkurang. Hal ini berkebalikan dengan monel yang semakin sering dipakai akan semakin mengkilap.

Membedakan monel dengan metal biasa
Membedakan antara monel dan metal biasa dengan kasat mata tentu akan sulit. Namun demikian bukan berarti tidak bisa. Kita bisa menggunakan magnet untuk memastikan apakah aksesoris tersebut terbuat dari monel atau metal biasa yang warnanya bisa berubah menjadi hitam dalam jangka waktu beberapa minggu. Cukup dengan mendekatkan magnet tersebut, apabila aksesoris tersebut terbuat dari monel maka akan sulit menempel apalagi sampaiterangkat ke atas. Sebaliknya apabila aksesoris tersebut terbuat dari metal biasa akan dengan mudah menempel ke magnet tersebut.